Bagi anda pecinta smartphone, pasti mengetahui apa yang dimaksud dengan powerbank. Ya, powerbank merupakan sebuah jenis produk yang memiliki fungsi sebagai pengisi daya baterai tanpa harus mencolokkan charger smartphone ke stop kontak. Produk powerbank ini sudah dikenal oleh masyarakat dan menjadi salah satu item yang paling dicari saat ini.

Ada banyak jenis powerbank yang diproduksi oleh berbagai perusahaan. Namun diantara produk powerbank yang beredar di pasaran, sebagian dari mereka merupakan produk yang sengaja dipalsukan. Ada banyak tujuan pemalsuan, yang pasti tujuan utamanya adalah untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan peengeluaran yang sedikit.

Kerugian menggunakan powerbank palsu

Ada banyak orang yang belum bisa membedakan mana produk powerbank yang asli dan mana yang palsu. Padahal menggunakan powerbank yang palsu bisa menyebabkan kerusakan pada baterai smartphone. Berikut ini adalah gejala dan konsekuensi pemakaian produk powerbank yang tidak original bagi smartphone :

  1. Baterai HP akan cepat panas

Produk powerbank yang palsu menyeebabkan baterai smartphone anda cepat panas. Hal ini dikarenakan produk palsu menggunakan bahan baku pembuatan produk yang murahan dan tidak berkualitas. Sehingga ketika dilakukan proses pengisian daya, baterai HP anda akan cepat panas.

  1. Baterai HP lama kelamaan akan menjadi rusak

Apabila gejala seperti bateraiĀ  panas tadi diabaikan dan anda tetap memilih menggunakan powerbank palsu tersebut, baterai HP anda lama-kelamaan akan emngalami kerusakan. Hal selanjutnya yang terjadi pada banyak orang adalah indikator baterai mereka semakin melemah pada waktu pengisian daya menggunakan powerbank.

  1. Kerusakan pada SIM Card

Selain ituu, penggunaan powerbank palsu juga akan mengakibatkan baterai HP mengembung. Fenomena tersebut sering disebut sebagai battery pregnancy atau baterai hamil. Setelah mengalami kondisi yang demikian, baterai akan menekan tempat penyimpanan Sim card dan memicu kerusakan pada bagian tersebut.

Memilih merk powerbank yang bagus dan berkualitas

Hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari kerusakan baterai smartphone akibat penggunaan powerbank yang palsu adalah dengan membeli produk asli. Anda bisa mengetahui harga power bank terbaru dengan mengunjungi marketplace yang bisa menjamin keaslian produk yang mereka jual seperti JD.ID agar terhindar dari produk palsu.

Berikut ini beberapa merk powerbank yang bagus untuk anda :

1. Baseus 10000mAh QI Wireless Charger Power Bank

Salah satu merk powerbank yang bagus adalah Baseus. Powerrbank ini memiliki berat sekitar 300 gram, dengan dimensi ukuran 148 mm x 73 mm x 20 mm. Kapasitas baterai powerbank ini pun mencapai 10000 mAh. Powerbank ini dijual pada kisaran harga Rp 350.000,-.

2. Samsung Wireless Battery Pack 10000 mAh Free Cable Micro Usb Silver

Produk Samsung memang telah dipercaya oleh jutaan umat manusia sebagai merk yang berkualitas. Powerbank dengan merk Samsung ini memiliki kapasitas yang hampir sama dengan Baseus, yaitu sebesar 10000 mAh. Walaupun begitu, powerbank Samsung ini lebih tingan dari Baseus, yaitu dengan berat 234 gram.

3. Joedent 10000mAh Power Bank Mini

Satu lagi merk powerbank yang bagus adalah Joedent. Dengan kapasitas yang sama dengan kedua jenis powerbank sebelumnya, produk powerbank ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Ukuran Joedent hanya sebesar 8 cm x 8 cm x 1.5 cm. Kelebihan lain yang dimiliki oleh produk ini yaitu full screen LED display yang berfungsi sebagai indikator pengisian baterai.

Dan masih ada banyak lagi merk powerbank yang bagus di marketplace online. Anda bisa membeli powerbank yang anda inginkan di pasar online agar bisa lebih menghemat waktu. Selain itu, anda juga akan lebih hemat tenaga dan biaya karena anda tinggal menunggu barang anda sampai di rumah setelah proses pembayaran diselesaikan.