Tentang Jenis Pukulan dalam Pencak Silat

  • 2 min read
  • Aug 27, 2021
Jenis Pukulan dalam Pencak Silat

Olahraga beladiri yaitu pencak silat merupakan olahraga yang memiliki banyak gerakan serta sikap yang terarah, terorganisir dan terencana. Olahraga ini bercirikan atau menggunakan seluruh bagian tubuh baik itu untuk menyerang maupun membela diri. Jika dilihat sekilas maka pencak silat ini lebih menonjolkan sikap waspada dan tenang namun tidak melupakan tentang kekuatan ketepatan kelincahan dan kecepatan. Tujuannya untuk memperhatikan posisi serta pemindahan berat badan atau bisa juga memanfaatkan serangan dari lawan sehingga tenaga yang dikeluarkan bisa seefisien mungkin.

Kelebihan lain dari olahraga pencak silat ini memiliki banyak aspek namun saling berkaitan. Adapun aspek tersebut adalah aspek beladiri, aspek seni, aspek akhlak dan aspek olahraga. Tentu sesuai dengan namanya yaitu olahraga beladiri maka tujuannya yaitu menghindari diri dari segala bahaya Apakah itu dengan rohani atau juga jasmani.

Beragam pukulan dalam pencak silat

Seperti yang dijelaskan di awal artikel bahwa olahraga ini menggunakan teknik memukul sebagai serangan atau untuk bertahan. Berikut ini beberapa jenis pukulan dalam pencak silat yang perlu diketahui seperti:

Pukulan lurus

Untuk melakukan pukulan lurus dalam pencak silat maka pastikan sikap kaki kuda-kuda kiri depan. Selanjutnya jangan lupa kedua belah tangan juga bersiap di depan dada yang akan memukul. Posisi jari-jarinya mengepal telapak, kaki kiri dan kanan haruslah sejajar dan tangan kanan yang memukul mengubah posisi menjadi kepalan telungkup.

Pukulan bandul

Untuk melakukan pukulan ini maka lakukanlah beberapa cara seperti sikap kaki kuda-kuda tengah dan kedua belah tangan harus menyilang di depan dada. Ayunkan tangan yang memukul ke depan dengan kepala di tengkuk tangan yang satu lagi tetap menutup badan sendiri. Lakukanlah dengan mengganti tanganĀ  yang mau memukul.

Pukulan tegak

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pukulan ini. Yang pertama adalah sikap kaki kuda-kuda tengah. Tangan kanan memukul ke depan dengan kepala tegak dan tangan yang satu lagi harus menutup badan. Kedua belah tangan tersebut harus bersiap di depan dada dan tangan yang memukul jari-jarinya harus dalam posisi mengepal. Lakukanlah mengganti posisi kaki serta tangan yang memukul.

Pukulan melingkar

Untuk melakukan pukulan melingkar dengan hasil yang maksimal maka ada beberapa hal yang harus diketahui. Yang pertama adalah sikap kaki kuda-kuda tengah kemudian pastikan kedua belah tangan menyilang didepan dada. Tangan yang akan memukul jari-jarinya harus dalam posisi mengepal. Kemudian ayunkan tangan yang memukul secara melingkar dari sisi kiri depan kanan dengan kepala tegak untuk tangan yang satu lagi tetap menutup badan. Dan lakukanlah posisi mengganti tangan yang memukul.

Itulah beberapa jenis dari pukulanĀ  yang ada di olahraga bela diri pencak silat. Selain pukulan di pencak silat ini, juga ada beragam tendangan yang memang harus dipelajari. Nah, berbicara soal teknik dalam memukul memang ada banyak kesalahan yang sering dilakukan untuk beragam jenis pukulan apapun yang dipilihm Misalnya saja kaki yang kurang dibuka atau posisi kaki kurang kuat. Kemudian, posisi badan yang tidak seimbang serta ayunan yang kurang kuat dan sikap kuda-kuda tengah yang kurang baik juga menjadi kesalahan yang umum dilakukan. Meskipun demikian tidak ada salahnya untuk terus berlatih dan berlatih dan bila perlu mengikuti beragam kompetisi. Dengan mengenal banyak lawan tentu kemampuan dan keahlian Anda baik itu memukul maupun melakukan tendangan semakin baik dari hari ke hari.