Menghitung Masa Subur

  • 2 min read
  • Dec 16, 2020
Menghitung Masa Subur

Sebagai wanita tentu tidak asing dengan siklus menstruasi bulanan yang dialami. Tentu saja hal ini berkaitan juga dengan kondisi masa subur wanita. Pastinya banyak yang tidak mengira bahwa menghitung masa subur ternyata sangat penting untuk yang merencanakan kehamilan. Padahal sering kali banyak yang justru mengacuhkan hal tersebut dan tidak merencanakan kehamilan dengan baik. Sehingga ketika sudah cukup lama menunggu kehamilan namun tidak juga berhasil, barulah kemudian mencoba untuk melihat dan menghitung masa subur tersebut. Nah, supaya hal semacam ini dapat dihindari sebaiknya mulailah mencatat informasi tentang masa subur yang dimiliki. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika menghitung masa subur secara berkala.

  • Mengetahui Siklus Haid Berikutnya

Dari melakukan perhitungan masa subur secara berkala maka akan lebih mudah untuk melakukan prediksi siklus haid yang akan dialami berikutnya. Sehingga secara tidak langsung dapat mempersiapkan diri lebih awal sebelum periode tersebut datang. Apalagi banyak wanita yang merasa kurang nyaman saat siklus haid tiba. Sehingga informasi seperti ini dapat membantu untuk mempersiapkan tubuh supaya tetap sehat dan tidak mudah sakit.

  • Mendapatkan Informasi Periode Masa Subur

Tentu saja dari perhitungan tersebut akan diperoleh informasi lebih lanjut tentang periode masa subur berikitnya. Termasuk informasi pada saat kapan lebih dominan untuk memperoleh keturunan anak laki-laki dan pada masa kapan lebih dominan untuk memperoleh keturunan anak perempuan. Dengan adanya informasi tersebut maka perencanaan kehamilan juga jauh lebih mudah.

  • Memberikan Evaluasi Hasil Kesuburan

Salah satu informasi penting yang bisa didapatkan saat menghitung masa subur yaitu informasi evaluasi dari hasil kesuburan secara lebih akurat. Hal ini memberikan banyak manfaat terutama jika sedang merencanakan kehamilan. Dengan informasi yang tepat maka tentu saja akan lebih mudah mengetahui potensi terjadinya kehamilan pada seorang wanita. Bahkan jika lebih akurat lagi dapat memberikan informasi potensi kehamilan janin laki-laki atau janin perempuan. Termasuk juga informasi bagaimana mendukung proses kehamilan janin dengan gender tertentu tersebut.

  • Membantu Solusi Kehamilan

Informasi yang diterima dari aktivitas perhitungan tersebut juga salah satunya memberikan solusi untuk yang sedang ingin merencanakan kehamilan. Termasuk kapan dapat melakukan hubungan suami istri, serta kapan waktu yang kurang baik untuk menunda berhubungan. Sehingga dari sini kemungkinan kehamilan juga jauh lebih optimal.

  • Mencegah Resiko Penyakit Organ Reproduksi

Mengetahui siklus menstruasi dan menghitung masa subur juga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam resiko yang mengancam. Salah satunya yaitu potensi penyakit dalam organ reproduksi seorang wanita seperti misalnya resiko kanker, penyakit kista, dan sebagainya. Biasanya jika memiliki siklus yang kurang teratur atau tidak sesuai dengan seharusnya maka bisa jadi hal ini penanda terjadinya penyakit tertentu. Sehingga dari hasil perhitungan masa subur tersebut dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada tenaga medis yang kompeten. Dari sini maka tindakan pencegahan juga bisa dilakukan sejak awal.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika rajin melakukan perhitungan serta pencatatan siklus bulanan yang terjadi pada tubuh wanita. Termasuk salah satunya melalui menghitung masa subur secara rutin. Jika kesulitan melakukan sendiri secara manual, coba saja untuk mencari fitur yang diberikan oleh situs Klikdokter.com. Disini fitur tersebut mudah digunakan dengan cepat dan hasilnya juga cukup akurat. Sehingga informasi yang didapatkan dapat menjadi dasar perhitungan dan perkiraan perencanaan kehamilan yang diinginkan.