Mengenal Layanan Jasa Penulis Artikel dan Fungsinya

  • ColdPress
  • Dec 09, 2021

Sederhananya, jasa artikel yogyakarta merupakan salah satu jasa yang menyediakan layanan penulisan. Umumnya jenis artikel yang dibuat yaitu tipe artikel SEO friendly yang digunakan untuk kebutuhan blog maupun website.

Perlu Anda ketahui, penulisan artikel website maupun blog, berbeda dengan jenis artikel konvensional. Sistem penulisan artikel untuk website umumnya harus sesuai dengan standar SEO namun tetap human readable dan nyaman ketika dibaca oleh manusia.

Artinya, artikel tersebut harus mudah terdeteksi oleh mesin pencari, dan juga nyaman dibaca oleh manusia. Tujuannya yaitu agar artikel tersebut bisa menempati ranking teratas di halaman mesin pencari, seperti Google.

Apa Fungsi dan Tugas Jasa Penulis Artikel?

Fungsi dan tugas utama seorang penulis artikel adalah membuat konten yang menarik di mata pembaca dan Google. Berikut penjelasan lebih detail tentang fungsi dan tugas jasa penulis artikel:

1. Membuat Konten yang Menarik

Konten menarik yang dimaksud adalah konten yang dibutuhkan dan disukai oleh pembaca. Seorang penulis artikel harus tahu mana saja topik yang sedang populer dan banyak dicari oleh para pembaca atau pengguna internet.

Ada banyak cara untuk dapat menemukan topik yang cocok untuk pembuatan artikel. Salah satunya yaitu dengan menggunakan Google Trends dan memilih topik yang sedang trending namun relevan dengan niche website Anda.

2. Menulis Artikel yang SEO Friendly

SEO merupakan optimasi agar halaman website menempati peringkat pertama di mesin pencari. SEO bisa diimplementasikan ke dalam sebuah artikel. Tujuannya agar artikel tersebut mudah dicari di mesin pencari.

Seorang penulis artikel untuk blog harus paham sedikitnya tentang SEO. Meski tidak paham secara mendalam, yang penting tahu bagaimana cara mengimplementasikan SEO di dalam tulisannya. Karena hal ini merupakan syarat wajib penulis artikel blog atau website.

3. Mengetahui Struktur Penulisan Artikel untuk Website/Blog

Perlu Anda ketahui, menulis untuk blog atau website berbeda dengan menulis di media cetak. Struktur artikelnya pun berbeda. Itulah kenapa, seorang penulis artikel setidaknya harus paham hal ini karena merupakan standar penulisan artikel website.

Beberapa contoh perbedaannya seperti panjang paragraf dan penggunaan subheading pada artikel. Panjang paragraf artikel SEO tidak boleh lebih dari 4 baris agar tidak mudah membuat mata lelah.

Selain itu, penggunaan subheading pada artikel juga dapat membantu pembaca untuk memahami isi artikel. Selain itu, adanya subheading  ini akan membantu pembaca untuk memahami alur artikel yang dibuat.

4. Mengerjakan Job Sesuai Deadline

Perkembangan pengguna website di Indonesia tergolong begitu pesat. Itu artinya, kecepatan informasi di internet pun terus meningkat. Jika pemilik website telat ‘mengangkat’ suatu topik di website miliknya, maka berpotensi ‘diangkat’ oleh kompetitor.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa pengguna jasa pembuatan artikel memberikan deadline yang tergolong singkat. Itu artinya, seorang pembuat artikel harus siap dengan deadline yang pendek.

Meski begitu, ada juga topik-topik yang santai dan memiliki deadline cukup panjang. Semua tergantung dari kebutuhan pengguna layanan.

5. Mengikuti Update Mesin Pencari

Umumnya teknik SEO akan berubah-ubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku dari platform mesin pencari seperti Google. Biasanya Google melakukan update secara berkala. Update yang dilakukan biasanya akan berpengaruh pada optimasi SEO.

Suatu waktu bisa jadi update yang dilakukan akan mengubah strategi beberapa kebijakan SEO. Hal tersebut tentu saja berpengaruh pada optimasi SEO.