Mengenal Daily Active User yang Jadi Matriks Vital Pengembangan Produk

  • ColdPress
  • Dec 19, 2021

Daily active user (DAU) adalah salah satu matriks vital bagi perusahaan yang bergerak di bidang software maupun website. Semakin banyak DAU, maka semakin baik pula produk yang dikembangkan perusahaan. Itulah mengapa banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan banyak DAU. Sebenarnya, apa itu DAU? Bagimana cara meningkatkan matriks yang satu ini?

Mayoritas perusahaan software as a service (SaaS) menggunakan daily active user sebagai salah satu indikator keberhasilannya. Singkatnya, daily active user (DAU) adalah total orang yang membuka dan terlibat dengan sebuah aplikasi atau website dalam satu hari, seperti ditulis Baremetrics.

Daily Active User (DAU) ini yang metrik atau sebuah indikator yang menunjukkan seberapa banyak pengguna yang melakukan aktivitas harian disuatu produk atau layanan. Daily active user mengacu pada aktivitas unique user seperti kunjungan ke webiste, login kesebuah aplikasi, like, comment dll dalam satu hari, setiap unique user melakukan aktiviatas dalam satu hari maka, akan terhitung sebagai 1 Daily Active User (DAU).

Kata ‘active user’ di sini mengacu pada seorang pengguna unik atau baru yang login ke aplikasi atau situsmu. Namun, sebenarnya tak hanya login. Ada berbagai aktivitas pengguna lainnya yang kerap dianggap sebagai active user. Semuanya tergantung pada industri dan produk yang dikeluarkan. Nah inilah cara untuk dapat meningkatkan DAU debagai berikut:

Maksimalkan Upaya Customer Success

Seperti yang telah Glints sampaikan, DAU yang rendah bisa saja terjadi karena adanya churn.

Oleh karena itu, atasi dengan customer success. Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelanggan berhasil mencapai tujuannya dalam menggunakan produk atau layananmu.

Cari tahu apa yang benar-benar menjadi tujuan pelanggan dalam menggunakan platformmu. Kemudian, temukan cara terbaik untuk mendukungnya.

Buat Pengguna Kembali Menggunakan Bisnismu

Mencari pengguna baru bukanlah hal yang mudah. Kamu harus melakukan usaha yang besar berkali-kali.

Maka, usahakan untuk mempertahankan pengguna yang sudah ada. Maksimalkan produk atau jasamu agar mereka ingin terus menggunakannya.

Hal ini tentu saja akan meningkatkan daily active user-mu untuk jangka panjang.

Review Customer Lifecycle

Cara ketiga adalah review customer lifecycle bisnismu secara berkala. Dengan melihat siklus tersebut, kamu bisa memaksimalkan berbagai aspek, termasuk nilai dan pengalaman pengguna. Selain itu, kamu bisa melihat bagian mana yang masih belum maksimal bagi pengguna.

Penilaian Angka Daily Active User (DAU)

Setiap perusahaan memiliki target angka Daily Active User nya masing masing. Berdasarkan produk dan industri yang dilakukan misalnya produk travel, jumlah Daily Active User dihari kerja tentu lebih rendah jika dibandingkan dengan weekend, peak season, atau mendekati libur dan cuti nasional karena banyak orang yang mencari referensi tempat berlibur.

Angka Daily Active User dapat mengartikan perkembangan sebuah produk, trend yang sedang terjadi, keberhasilan strategi marketing dan perilaku pengguna atau membaca reaksi pengguna terhadap suatu produk.

Angka Daily Active User (DAU) Tinggi

Suatu produk yang memiliki angka Daily Active User (DAU) tinggi atau terus meningkat setiap hari dapat diartikan perkembangan produk baik dan strategi marketing yang dilakukan tepat. Oleh karena itu, produk berhasil mendapatkan perhatian dari unique user.