Kita tahu bahwa orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi akan mudah emosi. Bahkan terkadang tidak sedikit dari mereka yang tidak mampu untuk mengontrol emosi yang ada dalam diri mereka dan akhirnya membuat masalah atau keadaan menjadi semakin runyam dan kacau. Orang yang menderita penyakit tersebut memang lebih mudah untuk mengalami tekanan darah tiba-tiba menjadi tinggi bila terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Tidak hanya itu saja, faktor makanan juga sangat berpengaruh.

Makanan adalah salah satu faktor yang bisa memicu suatu penyakit apabila Anda tidak tahu seberapa besar dan seringnya makanan tersebut dikonsumsi oleh tubuh kita. Maka dari itu mulai sekarang Anda harus benar-benar memperhatikan pola makan Anda. Namun Anda juga perlu ingat bahwa menjaga pola makan saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan seseorang. Ada faktor-faktor lain yang juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang yaitu pola tidur dan olahraga.

Bagi Anda yang saat ini menderita penyakit darah tinggi, di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang tidak boleh And konsumsi dan sebisa mungkin untuk menghindarinya bila Anda tidak ingin tekanan dari semakin naik. Berikut adalah contohnya:

  • Acar

Tidak sedikit orang yang menyukai makanan ini, namun bagi Anda yang menderita penyakit darah tinggi makanan satu ini adalah salah satu pantangan bagi Anda. Adanya garam yang berlebih pada acar memang tidak bagus untuk Anda yang menderita hipertensi. Namun Anda juga tidak perlu cemas karena Anda masih bisa memilih acar yang hanya mengandung 100 milligram garam.

  • Makanan berlemak

Salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi adalah daging merah, mentega, susu yang tinggi lemak dan kulit ayam. Makanan-makanan tersebut dapat memicu naiknya kandungan LDL atau kolesterol jahat. Hal ini memang sangat buruk bagi penderita hipertensi karena tekanan darahnya akan semakin buruk dan semakin rentan untuk terkena serangan jantung koroner.

Selain beberapa makanan di atas. Ada juga makanan lain yang harus menjadi pantangan Anda, yaitu makanan siap saji atau makanan kemasan Pizza yang Anda beli dalam keadaan beku karena mengandung banyak garam. Makanan lainnya yaitu sup dan saus dalam kemasan. Tidak hanya makanan saja yang harus Anda hindari namun ada beberapa minuman yang tidak boleh Anda konsumsi yaitu soda, kopi , serta minuman kafein lainnya.

Bagi Anda yang menderita darah tinggi memang sangat dianjurkan untuk menjaga konsumsi makanan serta nutrisi yang masuk dalam tubuh Anda. Apabila Anda tidak bisa menjaganya maka hal buruk sudah pasti akan terjadi dalam tubuh Anda dan hal tersebut bisa saja akan berpotensi membuat keadaan atau hipertensi Anda semakin memburuk. Maka dari itu mulai sekarang perhatikan jumlah kalori yang ada dalam makanan yang Anda konsumsi. Apakah sudah ideal atau malah cenderung berlebihan.

Penderita tekanan darah tinggi jalan satu-satunya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatannya adalah menjaga pola hidup sehat. Tidur cukup, olahraga dan menjaga pola makan. Namun alangkah lebih baik bila Anda juga mengunjungi dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih seputar masalah hipertensi Anda tersebut. Dengan begitu Anda memiliki pengetahuan hal-hal apa saja yang mungkin menjadi pantangan bagi Anda dan bagaimana yang harus Anda lakukan bila hipertensi Anda kambuh.