Semakin kesini masalah kesehatan atau penyakit yang menyerang manusia memang jadi semakin bervariatif, sehingga membutuhkan tindakan khusus untuk penanganannya. Tidak heran jika seandainya keberadaan dari dokter spesialis juga sangatlah banyak, dari berbagai macam cabang ilmu pengobatan. Salah satu diantaranya yang mungkin sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda adalah dokter spesialis penyakit dalam reumatologi.

Ini merupakan sebuah cabang ilmu yang secara khusus mempelajari tentang penyakit yang hubungannya adalah dengan sendi, otot hingga tulang bahkan juga jaringan lunak. Kondisi kesehatan yang rentan dialami oleh siapa saja, termasuk paling banyak diantaranya adalah orang-orang yang sudah lanjut usia. Biasanya mereka yang mengalami masalah kesehatan, dengan gejala semacam ini, maka harus melakukan pengobatan ke dokter tersebut, diantaranya adalah:

  1. Rasa nyeri yang cukup berat menyerang pada bagian sendi atau otot, memang tak jarang ada kalanya Anda akan merasakan otot tubuh atau sendi tersebut terasa begitu sakit, nyeri yang tidak tertahankan. Maka harus di periksakan ke dokter reumatologi untuk mengetahui faktor penyebabnya.
  2. Terjadi pembengkakan, hingga kemerahan pada satu bagian sendi ataupun juga lebih. Pembengkakan ini bisa disebabkan oleh cedera maupun faktor yang lainnya.
  3. Penurunan fungsi sendi, biasanya seiring dengan pertambahan usia memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya organ-organ tubuh sudah mulai mengalami degenerasi, termasuk diantaranya adalah sendi, sehingga kemampuannya juga mulai menurun, membuat Anda menjadi kesulitan di dalam bergerak.
  4. Terjadinya perubahan pada bentuk tulang dan juga perubahan pada bagian sendi.
  5. Sendiri menjadi terasa kaku, sehingga membuat pergerakan Anda juga jadi terbatas, kesulitan di dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Jika sudah mulai dirasakan beberapa gejala di atas, maka Anda butuh pengobatan ke dokter spesialis yang tepat. Lalu sebenarnya masalah kesehatan macam apa saja yang dapat dilakukan pengobatan ke dokter reumatologi ini? berikut yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Asam urat, penyakit yang umum dialami oleh siapa saja, apalagi jika sudah memasuki usia lanjut, kondisi yang disebabkan oleh penipuan asam urat di bagian sendi sehingga membuat penderitanya jadi kesulitan di dalam bergerak, sendi menjadi bengkak dan juga terasa sakit ketika digerakkan.
  2. Nyeri punggung, khususnya adalah yang terjadi karena peradangan pada bagian tulang belakang atau spondilitis.
  3. Lupus, penyakit ini menyebabkan penderitanya mengalami peradangan yang disebabkan oleh kekebalan tubuh yang justru balik menyerang sel atau jaringan tubuh sendiri, ia juga dikenal sebagai penyakit autoimun.
  4. Rheumatoid Arthritis, peradangan pada sendi yang disebabkan oleh sistem imuns yang menyerang jaringannya sendiri. Peradangan pada sendi ini akan membuat penderitanya menjadi kesulitan berjalan karena sendi kaku dan juga bengkak.
  5. Demam rematik, komplikasi dari radang tenggorokan dan juga infeksi bakteri yang menyebabkan terjadinya peradangan, umumnya sering kali terjadi pada anak-anak antara usia 5 hingga 15 tahun.
  6. Sindrom Sjogren. Ini adalah sebuah kondisi saat sistem imuns menyerang kelenjar penghasil cairan seperti air liur maupun air mata.
  7. Osteoarthritis, ini adalah sebuah penyakit yang menyebabkan sendi menjadi sakit, kaku hingga bengkak dan pastinya juga kesulitan digunakan untuk bergerak.

Selain itu juga ada beberapa jenis penyakit sendi lainnya yang dapat dipercayakan pengobatannya ke dokter spesialis penyakit dalam reumatologi. Konsultasikan langsung masalah kesehatan Anda ke dokter yang tepat sehingga nantinya bisa segera mendapatkan pengobatan yang optimal.