Membeli sepeda motor secara kredit masih disukai oleh masyarakat dibandingkan dengan membeli sepeda motor secara tunai. Tentu saja ada banyak alasan mengapa orang lebih suka membeli secara kredit. Yang jelas, lebih nyaman di tas karena Anda membelinya dengan mencicil alias tidak membayar sekaligus. Apakah itu benar? Bagi mereka yang berniat membeli sepeda motor secara kredit, ada cara cerdas untuk memilih pinjaman sepeda motor yang baik.

Saat ini ada banyak perusahaan penyewaan atau keuangan yang menawarkan Kredit Motor dengan berbagai trik dan menawarkan promo menarik. Namun, tidak semua sewa memiliki kredibilitas yang baik atau dapat diandalkan selama periode angsuran.

Jika Anda melihat lebih jauh, tidak semua promo menguntungkan konsumen. Jadi, Anda harus berhati-hati ketika memilih leasing berkualitas. Jangan sampai ada penyesalan, teruskan saja dan lihat cara cerdas memilih kredit motor yang bagus dan berkualitas.

Pilih Jenis Motor dan Periksa Harga Pasar

Sebelum mengajukan pinjaman sepeda motor, ada baiknya menentukan terlebih dahulu jenis sepeda motor apa yang akan dipilih. Ada jenis bebek, matic, atau motor sport. Cari tahu kelebihan masing-masing jenis sepeda motor, dan pilih satu yang sesuai dengan kebutuhan dan konten Anda.

Selanjutnya, silakan cek harga pasar sepeda motor melalui media massa, browsing di internet, atau informasi lainnya. Namun, jika Anda tidak ingin rumit, ada solusi untuk memilih jenis sepeda motor sambil mengetahui harganya, cukup buka situs web khusus untuk informasi produk keuangan dan pembiayaan. Informasi yang dijamin diperoleh bisa lebih akurat, bro!

Jumlah uang muka

Banyak lembaga penyewaan atau pembiayaan menawarkan pinjaman sepeda motor dengan uang muka rendah. Namun, jika memungkinkan untuk menyiapkan uang muka yang lebih besar tentu lebih baik. Jumlah uang muka yang lebih besar membuat periode kredit Anda tidak terlalu lama. Jadi, beban angsuran yang harus dibayar dapat diselesaikan lebih cepat dan kondisi keuangan Anda dapat kembali normal.

Apa Saja Hal yang Harus di Perhatikan Saat ingin Melakukan Kredit Motor?

Pilih lembaga penyewaan atau pembiayaan yang sesuai

Untuk pinjaman sepeda motor, biasanya para dealer dari setiap merek sepeda motor memiliki lembaga pembiayaan resmi. Namun, mencari informasi sepeda motor melalui lembaga pembiayaan lain adalah solusi jika Anda ingin membandingkan jumlah bunga yang ditetapkan. Cari lembaga keuangan terkenal seperti Adira Finance atau CS Finance.

Jika diperhatikan, masing-masing lembaga pembiayaan memiliki standar layanan yang sama. Kalaupun ada perbedaan hanya pada fasilitas untuk jumlah bunga yang diberikan dan periode pembiayaan. Pastikan Anda memiliki pertimbangan sendiri sebelum memilih lembaga keuangan untuk mengajukan pinjaman sepeda motor. Tentu saja agar tidak membebani keuangan selama periode angsuran.

Minta Bunga Tetap

Saat mengajukan pinjaman sepeda motor, pastikan Anda meminta suku bunga tetap. Hal ini untuk mencegah perubahan pembayaran angsuran kredit setiap bulan jika suku bunga Bank Indonesia naik. Jumlah angsuran tetap selama periode angsuran akan memudahkan Anda untuk mengelola uang Anda selama periode angsuran.

Pilih Pemasaran Paling Kooperatif

Biasanya setiap aplikasi kredit akan ditindaklanjuti oleh tim pemasaran lembaga keuangan yang dipilih. Tim pemasaran ini menentukan apakah kredit yang diajukan disetujui atau tidak oleh lembaga pembiayaan. Ada baiknya Anda memilih pemasaran yang memberikan layanan terbaik.

Baik ketika Anda memilih jenis dan jenis sepeda motor, menginformasikan harga sepeda motor, dan membantu memilih jenis sepeda motor sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Pemasaran kooperatif akan membuat Anda merasa nyaman, percaya diri, dan puas dengan jenis motor pilihan yang nantinya akan disetujui oleh lembaga keuangan.

Dan pastikan Anda tidak membayar apa pun sebelum menerima unit sepeda motor sesuai perjanjian. Ini untuk mencegah penipuan yang sering terjadi pada konsumen sepeda motor baru yang belum memahami aliran pembayaran kredit motor awal.