Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang yang Perlu di Ketahui

  • 2 min read
  • Sep 21, 2020
Cara Merawat Rambut

Mempunyai rambut sehat adalah dambaan setiap perempuan. Tak hanya itu saja, banyak perempuan yang menginginkan rambut tumbuh panjang dengan cepat agar bisa di-styling dengan gaya rambut yang lebih beragam.

Namun bagi sebagian orang, memanjangkan rambut bukanlah perkara mudah. Meski demikian, ada berbagai cara yang bisa Kamu lakukan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara merawat rambut smoothing agar cepat panjang:

Rajin memotong bagian ujung rambut

Memotong bagian ujung rambut atau trimming secara rutin dinilai efektif memanjangkan rambut lebih cepat. Kamu cukup memotong bagian ujung rambut saja atau sekitar 1-2 cm untuk membuat ujung rambut yang rapuh, patah hingga bercabang. Lakukan trimming rambut setidaknya setiap dua bulan sekali untuk mengontrol panjang rambut.

Perhatikan cara menyisir rambut

Menyisir rambut sebenarnya tidak bisa dilakukan sembarangan, terlebih lagi bila Kamu ingin fokus memanjangkan rambut. Sebaiknya sisirlah rambut hanya ketika Kamu membutuhkannya dan gunakan sisir dengan bantalan empuk yang tidak merusak rambut. Mulailah menyisir rambut dari bagian ujung dan lanjutkan ke bagian tengah sebelum menyisir ke bagian akar rambut.

Hati-hati saat menyisir rambut yang masih basah

Dalam keadaan basah, rambut akan lebih rapuh dan mudah rontok. Maka dari itu, Kamu disarankan untuk berhati-hati dalam menyisir rambut yang masih basah.

Memilih sisi dengan gerigi yang jarang untuk menyisir rambut basah dan kamu harus memulai sisir dari ujung rambut selanjutnya ke akar rambut. Jangan menyisir bagian atas rambut saja, Kamu juga bisa menyisir rambut dari bawah

Memijat kulit kepala

Cara merawat rambut agar lebih panjang yang bisa Kamu coba adalah dengan memijat kulit kepala secara rutin. Dituturkan oleh pakar rambut dan kulit kepala Anabel Kingsley, memijat kulit kepala dapat meningkatkan suasana hati sekaligus meredakan stres yang mempunyai dampak negatif terhadap pertumbuhan rambut.

Ada dua metode pemijatan kepala yang bisa dilakukan. Yang pertama disebut dengan ‘effleurage’, yaitu pijatan kulit kepala dengan gerakan memutar dan ‘petrissage’ yaitu menekan kulit kepala dan menarik rambut secara perlahan.

Memotong rambut yang bercabang

Rambut Kamu terpapar bahan kimia. Oleh karena itu, disarankan untuk memotong rambut setiap dua bulan sekali guna menghilangkan ujung rambut bercabang. Jadi, rambut Kamu akan terlihat rapi dan mudah untuk diatur. Kamu juga disarankan untuk menggunakan sisir yang bergigi jarang untuk menata rambut.

Pakai sampo dan kondisioner yang tepat

Cara merawat rambut smoothing selanjutnya adalah dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang efektif untuk merawat rambut smoothing. Pastikan Kamu menggunakan sampo dan kondisioner bebas sulfat. Ini berguna untuk membantu mempertahankan kelembapan rambut dan membuat rambut terlihat sehat. Kamu bisa memilih sampo dan kondisioner dengan kualitas bagus. Meski biayanya sedikit lebih mahal, tetapi produk-produk tersebut akan memberikan hasil yang lebih baik untuk rambut Kamu.

Mengkonsumsi makanan bernutrisi

Merawat rambut agar cepat panjang tak hanya dilakukan dari luar saja. Kita pun perlu merawatnya dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi.

Agar dapat memanjangkan rambut, kamu dapat memakan makanan yang kaya protein contohnya, kacang-kacangan, gandum utuh dan juga ikan. Selain itu, Kamu juga bisa mengkonsumsi berbagai jenis vitamin yang tinggi protein seperti vitamins A, C, E, dan asam lemak omega-3 agar merawat rambut hingga tumbuh panjang lebih maksimal.