Kutu busuk merupakan serangga kecokelatan yang bisa hidup di atas darah hewan atau darah manusia. Kutu busuk yang sudah dewasa memiliki tubuh datar seukuran biji apel. Setelah makan darah, tubuh mereka membengkak dan berwarna kemerahan.

Kutu busuk tidak terbang, tapi bisa bergerak cepat di atas lantai, dinding, dan langit-langit. Kelopak betina mungkin mengandung ratusan telur, yang masing-masing berukuran seukuran debu, seumur hidup.

Kutu busuk yang belum matang, yang juga disebut sebagai nimfa ini, menumpahkan kulitnya sebanyak lima kali sebelum mencapai kedewasaannya dan membutuhkan makanan darah sebelum penumpahan dari setiap kulitnya. Dalam kondisi yang baik, serangga dapat berkembang sepenuhnya dalam waktu satu bulan dan menghasilkan tiga atau lebih generasi per tahun. Meski sangat menyebalkan, mereka tidak menularkan penyakit.

Tanpa Anda sadari kutu busuk  bisa Anda temui di kasur. Walaupun kerap tak terlihat namun efek yang dirasakan bisa Anda rasakan. Jika Anda memiliki kasur yang tidak dibersihkan bertahun-tahun, maka hati-hati karena kutu busuk atau tungau bisa saja sudah memenuhi kasur Anda. Keberadaan kutu kasur ini dapat membuat terjangkitnya penyakit seperti: alergi, dan lainnya.

Agar kasur tetap bersih dan terhindar dari tungau atau kutu busuk, maka lakukan beberapa tahapan menghilangkan kutu kasur berikut ini:

Begini Cara Membasmi Kutu Busuk

1. Jemur Kasur

Hal sederhana namun cukup berpengaruh pada kebersihan kasur adalah dengan menjemurnya. Jemurlah kasur, bantal, guling dan selimut anda di bawah sinar matahari langsung. Sebelum menjemur, sebaiknya pindahkan barang-barang yang ada di kamar agar debu dan tungau tidak menyebar ke tempat lain saat proses penjemuran.

2. Cuci dengan Air Panas

Campur dengan air panas dan dengan sabun anti bakteri, lalu bersihkan kasur, bantal dan guling anda. Lalu keringkan di bawah sinar matahari langsung.

3. Penguapan

Anda bisa gunakan ketel listrik lalu tambahkan selang kecil dan uapkan ke sepanjang jahitan kasur. Bersihkan juga ke sela-sela kasur hingga tempat tidur. Usahakan semua sudut mendapatkan uap panas.

4. Taburkan Silika Gel

Silika gel bisa langsung anda gunakan untuk menghilangkan kutu busuk di kasur anda. Pembasmi kutu ini dapat digunakan dengan cara ditabur ke seluruh kamar dan di sebagian kasur anda. Maka, kutu kasur akan menempel pada silika gel tersebut dan akan mati dengan sendirinya.

5. Minyak Tanah & Kapur Barus

Campur minyak tanah dan kapur barus lalu semprotkan ke area-area yang menjadi sarang tungau, atau kutu busuk. Campuran ini ampuh untuk membunuh kutu kasur dan sangat praktis karena bahannya mudah didapatkan.

6. Lilin

Jika anda memiliki lilin di rumah, maka bisa anda gunakan untuk menghilangkan kutu ini di kasur anda. Cukup teteskan saja cairan lilin yang sudah dibakar ke celah tempat kutu kasur itu berada. Untuk takarannya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan area dari kasur yang anda miliki. Dengan cara alami ini dirasa cukup efektif untuk membasmi kutu busuk ini.

7. Insektisida

Anda dapat menyemprotkan obat pembasmi nyamuk untuk membasmi kutu busuk atau tungau di kasur anda. Pilih insektisida dengan racun yang tak terlalu keras. Membasmi kutu dengan cara ini cukup praktis. Anda dapat melakukan cara penyemprotan ini hingga telur kutu busuk menetas.

8. Garam

Campurkan garam dan air lalu masukkan ke botol semprot. Lalu anda, semprotkan campuran garam tersebut ke kasur anda dan area lain yang menjadi sarang dari tungau tersebut. Campuran ini cukup sederhana dan tentu bisa dengan mudah dibuat di rumah.

9. Cuka

Cuka adalah salah satu bahan yang cukup multifungsi. Cukup semprotkan cuka ke tempat bersarang kutu kasur. Maka kutu dan telurnya pun akan cepat mati. Cuka tidak perlu di campurkan dengan air. Untuk bahan yang satu ini, cukup dengan memindahkannya ke botol semprot saja.

10. Kulit Durian

Setelah menikmati durian, maka jangan buang kulitnya. Kulit durian ini dapat anda gunakan untuk membasmi kutu busuk pada kasur anda. Bau yang menyengat dari kulit durian ini bisa membantu menghilangkan tungau pada kasur. Caranya cukup sederhana saja dengan meletakkan kulit durian ini di sarang kutu kasur tersebut dan biarkan sampai kutu busuk itu mati sendiri.

Nah itulah cara untuk membasmi kutu busuk di rumah anda, dan anda juga bisa menggunakan cara ini di rumah anda. Semoga cara ini bermanfaat buat anda dan keluarga anda!