Perlu diketahui bahwa kotak makan adalah sebuah kotak yang umumnya terbuat dari bahan plastik dengan bentuk yang beraneka ragam dan warna yang bervariasi. Sesuai dengan namanya, kotak ini berfungsi untuk menyimpan makanan. Dalam bahasa Inggris, kotak makan ini disebut lunch box karena berfungsi sebagai wadah bekal makan siang. Bukan hanya bermanfaat sebagai wadah makanan saja, kotak makan ini juga berfungsi untuk tetap menjaga kualitas makanan yang sudah dimasak. Contohnya, kotak makan sangat perlu dilengkapi dengan penutup yang aman sehingga bisa memudahkan pengguna, terutama bagi anak-anak yang sedang bersekolah untuk membawa bekal makanan tanpa khawatir tumpah di dalam tas mereka. Selain untuk keamanan, kotak makan ini juga berpengaruh terhadap kesehatan penggunanya. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang cara memilih kotak makan yang berkualitas untuk hidup yang lebih sehat sebagai berikut :

  1. Gunakan Kotak Makan Yang Terbuat Dari Bahan Plastik

Selain harganya yang jauh lebih murah, alasan lainnya yang membuat banyak para ibu rumah tangga memilih menggunakan kotak makan dari plastik adalah terbilang cukup awet daripada kotak makan yang terbuat dari bahan logam, kaca, dan bahan pecah belah lainnya. Akan tetapi, tahukah anda bahwa kotak makan berbahan plastik ini mengandung bahan kimi Bishopenol A atau yang lebih populer disebut BPA. Jika BPA yang terdapat pada kotak makan ini masuk ke dalam makanan dengan jumlah yang berlebihan, maka hal tersebut bisa memicu pertumbuhan sel kanker dan mutasi sel kandungan.  Namun anda jangan khawatir, karena sekarang ini sudah banyak produk kotak makan berbahan plastik yang tidak lagi mengunakan bahan kimia tersebut sehingga lebih aman dan sehat untuk menyimpan makanan.

  1. Gunakan Kotak Makan Berbahan Kaca Yang Tahan Panas

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua bahan makanan bisa disimpan di dalam kotak makan yang berbahan plastik. Karena bahan makanan yang mengandung rempah-rempah dan minyak bisa meninggalkan bekas noda yang sulit untuk dibersihkan jika disimpan di dalam kotak makan dari plastik. Maka dari itu, anda bisa memilih kotak makan yang terbuat dari bahan kaca untuk menyimpan makanan tersebut sehingga lebih mudah dibersihkan dan tidak akan meninggalkan bau. Selain itu, kotak makan dari kaca juga bisa menjadi tempat yang tepat jika digunakan untuk meletakannya dalam microwave karena tahan panas. Bahkan ada beberapa produk kotak makan kaca yang cukup kuat sehingga makanan bisa disimpan di lemari es dan juga bisa langsung dipanaskan di dalam microwave.

  1. Selalu Pastikan Pada Kotak Makan Terdapat Logo Food Grade

Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan ketika memilih kotak makan adalah pastikan ada logo Food Grade-nya. Bagi anda yang jeli dalam memilih produk, pasti sangat familiar dengan logo ini. Sebetulnya kualitas kotak makan itu bisa ditentukan dari material bahan yang digunakan. Maka pastikan kotak makan yang anda pilih tersebut memiliki logo Food Grade sebagai standar dan tanda bahwa materialnya berasal dari bahan yang aman dan terpercaya. Karena syarat-syarat untuk mendapatkan logo food grade ini adalah yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan dan tidak mengubah rasa makanan. Bisanya logo ini berada di bawah produk untuk menginformasikan seberapa aman material yang digunakan.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara memilih kotak makan yang aman dan berkualitas semoga bermanfaat.