Memiliki senyum yang menawan memang impian semua orang. Namun, sayang karena memiliki gigi yang tidak rata dan rapi terkadang banyak yang malu untuk menunjukkan senyum menawan mereka. Untuk itulah, tidak heran bila banyak yang meratakan gigi mereka ke klinik terbaik. Tidak hanya klinik, merapikan maupun meratakan gigi juga bisa dilakukan sendiri di rumah, loh. Bagaimanakah caranya? Langsung kita simak pembahasannya di bawah ini, yuk! (source: wikiHow)

  1. Tidak tidur telungkup. Berhentilah tidur secara telungkup karena selama menelungkup wajah akan menghasilkan tekanan besar pada bagian gigi terdalam. Jika kamu menambahkan beban seperti meletakkan lengan maupun benda padat, maka akan semakin memperbesar tekanan yang dihasilkan. Dan apabila kondisi seperti ini terus dilakukan, tentu akan memudahkan perpindahan gigi sehingga membuat gigi terlihat semakin tidak rapi. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk tidur menyamping atau posisi normal.
  2. Berhenti menopang wajah dengan tangan. Tidak bisa disangkal, menopang wajah memang disukai oleh semua orang, terkhusus pekerja yang keseharian bekerja di depan laptop maupun komputer. Namun demikian, hindarilah kebiasaan menopang wajah menggunakan kedua tangan maupun salah satu tangan. Lantaran, ketika menopang wajah, secara perlahan akan mendorong gigi ke bagian dalam sehingga bisa mengakibatkan gigi di bagian wajah tertentu menjadi miring. Karena itu, berhentilah melakukan ini.
  3. Hindari mengemut jempol ketika tidur. Terkadang, ada saja di antara kita yang masih suka mengemut jempol sebelum tidur. Melakukan hal ini memang tidak dilarang, namun pastikan untuk tidak keseringan melakukannya karena hanya akan mengakibatkan posisi gigi menjadi tidak rapi akibat adanya tekanan dari dalam maupun luar mulut. Dan usahakan pula untuk tidak mengemut pulpen, minum dengan sedotan, maupun membuat gelembung dengan permen karena bisa membuat gigi tidak rapi.
  4. Cabut gigi bungsu. Menurut sebagian orang, tidak mencabut gigi bungsu maka tidak akan memengaruhi pertumbuhan gigi lainnya. Padahal, anggapan seperti ini salah besar, loh. Sebab ketika gigi bungsu kamu tumbuh secara tidak normal maupun gigi lainnya tumbuh secara tumpang tindih, bisa menyebabkan perubahan pada gigimu karena itu kamu sangat dianjurkan untuk mencabut gigi bungsu tersebut agar tidak mengalami hal yang sama.

Itu dia beberapa cara alami yang bisa diterapkan untuk kamu yang ingin memiliki gigi rapi. Dan paling menarik, kamu juga bisa loh merapikan gigi dengan mencoba produk clear aligner dari Rata.id, The First Indonesian Clear Aligner. Produk clear aligner ini membantu untuk memudahkanmu mendapatkan gigi rapi tanpa harus menggunakan behel gigi. Jadi, tunggu apalagi, langsung deh berkonsultasi dengan dokter specialist, cukup dengan menggunakan aplikasi WhatsApps.