5 Hal yang Bisa Kita Lakukan dalam Memilih Sabun Cuci Piring

  • 2 min read
  • Aug 22, 2021
Memilih Sabun Cuci Piring

Banyak yang mengatakan bahwa mencuci piring adalah pekerjaan rumah yang paling merepotkan. Karena itu, sabun cuci piring yang nyaman digunakan menjadi produk yang banyak dicari oleh masyarakat.

Merek terkenal seperti Sunlight, Mama Lemon, hingga SOS Anti Bacterial menawarkan sabun cuci piring yang beragam jenisnya. Dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan, tidak heran sebagian orang pasti kebingungan memilih produk mana yang terbaik. Nah, kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara memilih sabun cuci piring.

Mari temukan sabun cuci piring yang tepat dan buatlah waktu mencuci piring kita lebih praktis. Mencuci piring bisa dilakukan 2 atau 3 kali sehari. Jika kita ingin menunda untuk mencuci piring, pastikan piring bekas makan tadi sudah disiram dengan air. Agar noda pada piring tidak menempel, dan susah untuk dibersihkan.

Cara Memilih Sabun Cuci Piring

Sebelum membeli produk cuci piring, ada baiknya mencari beberapa informasi tentang sabun apa yang akan kita pilih nanti. Mulai dari hasilnya, bagaimana tekstur sabunnya, lalu dicek kandungan yang digunakan. Harga yag dibanderol juga mempengaruhi kualitas dari sabun cuci piring. Jika ingin membeli sabun cuci, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih sabun. Poin tersebut, yaitu :

  1. Perhatikan bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Sabun cuci piring pada umumnya memiliki kandungan bahan aktif dalam komposisinya. Kandungan bahan aktif tersebut memiliki tingkat keasaman (pH) yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu basa lemah, netral, dan asam lemah.\
  2. Lihat sabun cuci dari efek yang diberikan. Jika ingin mencuci piring, bisa kita gunakan sedikit sabun dahulu untuk mencobanya. Karena sabun cuci mempunyai beberapa daya pembersih paling kuat. Namun, makin kuat daya pembersihnya bukan berarti selalu makin bagus. Ketika mencuci piring, tangan Anda pasti akan langsung bersentuhan dengan sabun cuci piringnya. Bagi Anda pemilik kulit sensitif, sebaiknya memilih yang daya pembersihnya tidak terlalu keras.
  3. Mencuci piring menggunakan sarung tangan. Bagi kita yang mencuci memakai sarung tangan, sabun cuci piring dengan kandungan basa lemah dapat menjadi pilihan. Apalagi jika Anda menginginkan sabun cuci piring yang optimal dalam membersihkan kotoran. Pilihlah sabun basa lemah ini. Sebaliknya, untuk Anda yang tidak ingin tangan menjadi kasar, pilihlah produk dengan kandungan asam lemah.
  4. Pilih bahan sabun pencuci piring yg netral. Jika kita bingung memilih basa lemah atau asam lemah, pilihlah kategori netral, karena tingkat keasamannya yang seimbang. Untuk di Indonesia sendiri, sabun cuci piring yang paling banyak dijual di pasaran adalah kategori netral ini.
  5. Pilih sabun cuci piring yang mudah untuk dibilas. pilihlah sabun cuci piring dengan busa yang mudah dibilas. Hal ini mungkin sering terlewatkan saat kita memilih sabun cuci piring. Namun, hal ini sangat penting untuk efisiensi waktu, terutama jika kita dalam keadaan sibuk. Tentunya, kegiatan rutin cuci piring akan lebih nyaman dan cepat selesai, jika menggunakan sabun cuci yang mudah dibilas. Dengan begitu, waktu kita tidak akan terbuang sia-sia.

Dengan adanya tips ini dalam memilih sabun cuci piring, kita dapat menemukan sabun cuci yang pas dengan sensitifitas tangan kita. Karena mencuci adalah pekerjaan rumah yang dilakukan setiap hari. Jangan lupa pilih sabun cuci piring yang mudah ditemukan ditoko terdekat dengan rumah. Jika sabun yang kita miliki sudah habis, kita bisa segera membeli ditoko tersebut.